ZAYNURI - 2008
INTISARI
Kebutuhan akan informasi dan kegiatan di dunia maya yang semakin
meningkat menandai berkembangnya warnet di Kota Surakarta. Hal ini dibuktikan
dengan munculnya warnet-warnet disetiap wilayah di kota Surakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan membuktikan
pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan warnet di Kota
Surakarta (2) untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh citra perusahaan
terhadap loyalitas pelanggan warnet di Kota Surakarta (3) untuk mengetahui dan
membuktikan pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan warnet di
Kota Surakarta (4) untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan baik secara
langsung maupun secara tidak langsung melalui variabel-variabel citra perusahaan
dan komitmen pelanggan terhadap loyalitas pelanggan warnet di Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan jasa sepuluh warnet
yang mempunyai jumlah kunjungan terbesar yang berada di kota Surakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 pengguna jasa Warnet di
Surakarta. Metode pengambilan sampel ini menggunakan desain stratified
proportional random sampling. Untuk menguji hipotesis digunakan alat uji
Struktural Equation Model (SEM) dengan AMOS. 4.
Hasil analisis Struktural Equation Model menunjukkan bahwa (1) variabel
kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan warnet
di kota Surakarta, terbukti kebenarannya (2) variabel citra perusahaan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan warnet di kota Surakarta,
terbukti kebenarannya (3) variabel komitmen pelanggan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan warnet di kota Surakarta, terbukti kebenarannya (4)
variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan baik secara langsung
maupun secara tidak langsung melalui citra perusahaan dan komitmen pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan warnet di kota Surakarta.
Kata kunci : kepuasan pelanggan, citra perusahaan, komitmen pelanggan,
loyalitas pelanggan
Latar Belakang
Perkembangan zaman melahirkan begitu banyak teknologi mutakhir
yang mempengaruhi paradigma kehidupan manusia. Kebutuhan manusia akan
penguasaan bidang kehidupan “memaksa” kontinuitas inovasi teknologi
menjadi dinamis. Keinginan memperoleh informasi secara tepat, cepat dan
akurat tentang bidang tertentu menjadi barang penting. Kondisi dan keadaan
tersebut akan memberikan peluang yang baik bagi penyedia jasa internet untuk
memberikan layanan akan informasi dan komunikasi kepada setiap orang
secara global. Sebagai salah satu media informasi dan komunikasi, maka
keberadaan internet akan semakin penting peranannya.
Melihat peranan internet tersebut, maka semakin banyak orang yang
membutuhkan tehnologi internet untuk kebutuhan pribadi dalam mengikuti
perkembangan jaman. Dengan adanya fenomena tersebut, maka munculah . . . . (baca_selengkapnya)
Artikel
lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis,
Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com
atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh
Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa
Artikel/Jurnal tentang :
- Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
- Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
- Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di http://www.ken-trust.blogspot.com/
- Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
- Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
- Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
- Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
- Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
- Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
- Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
- Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
- Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
- Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
- Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
- Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
- Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)” … click di http://ken-stp.blogspot.com/
- Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
- Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
- Jurnal “MEREK (Brand)” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)” … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
“Peluang
BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
E:\K A N A I D I\Journal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar