Senin, 21 November 2011

ANALISIS BRAND EQUITY SURAT KILAT KHUSUS KANTOR POS BANDUNG

Oleh: Ricky Ramadhan - 2011


ABSTRAK

Merek yang kuat memiliki brand equity yang kuat dan positif. Karena brand equity merupakan seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan. Merek yang kuat merupakan aset tak berwujud yang sangat berharga bagi perusahaan dan merupakan alat pemasaran strategis utama. Merek yang kuat akan membangun loyalitas, dan loyalitas akan mendorong bisnis berulang kembali sehingga akan terus meningkatkan tingkat penjualan produk dari merek tersebut.

Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Analisis tersebut digunakan untuk mengetahui brand equity, brand loyalty, perceived quality, brand awareness & brand association, overall brand equity yang dimiliki oleh surat kilat khusus PT. Pos Indonesia di benak konsumennya.

Berdasarkan hasil peneitian di BAB IV dapat disimpulkan bahwa brand equity yang dimiliki oleh surat kilat khusus PT. Pos Indonesia berada pada posisi yang kuat hal ini dibuktikan dari persentase total penilaian yaitu sebesar 72.09%. Dengan rincian sebagai berikut: brand loyalty 77.6%, perceived quality 67.9%, brand awareness & brand association 70.08%, dan overall brand equity 71.3%.

Kata Kunci: Brand Equity, Brand Loyalty, Brand Awareness & Brand Association, Overall Brand Equity

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Merek (Brand) diyakini mempunyai kekuatan yang kuat untuk memikat hati orang untuk membeli produk atau jasa yang diwakilinya. Citra yang ditampilkan serasa ‘menyihir’ setiap sasarannya. Keputusan pembelian pun lebih sering didasarkan pada pertimbangan merek daripada hal lainnya, karena merek yang telah melekat di benak konsumen secara positif akan mengalahkan harga atau pun tawaran menggiurkan lainnya yang ditawarkan oleh pesaing. Karena setiap tahunnya muncul puluhan bahkan ratusan merek yang tentu saja memilki keunggulan atau strategi masing-masing untuk memikat hati konsumen . . . . .. . . . . . .(baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :